SMP ISLAM AL HIDAYAH MEMBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN PELAJARAN 2013/2014"

6 Februari 2013

Tentang UN 2013

untuk jadwal pelaksanaan dan lain sebagainya silahkan download POS UN pada link dibawah ini
POS UN SMP, SMA
saya kasih juga...
Kisi - Kisi Ujian Nasional 2013


Tips Menjadi Siswa Berprestasi


Mau tahu apa rahasia para pelajar berprestasi? Ini dia rahasianya:
1. Jadilah seorang pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.
Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.
2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.
3. Jangan malu untuk bertanya.
Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal.
4. Kerjakan PR dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya.
Jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda-nunda mengerjakannya. Enak kan kalau kita cepat mengerjakan PR, jadi masih punya banyak waktu untuk bermain dan nonton TV deh!
5. Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan.
Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari! Asyik!
6. Cukup istirahat, makan dan bermain.
Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!
7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka.
Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.
8. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi.
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.
9. Cari seorang pembimbing yang baik.
Orangtua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.
10. Jangan suka mencontek teman.
Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik.
Lakukan dan jangan tunda lagi!, karena kamu berada di jalur pelajar berprestasi.
Semoga berhasil …. wassalam

Struktur Kurikulum 2013


Dalam teori kurikulum (Anita Lie, 2012) keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum --termasuk pembelajaran-- dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.
Struktur kurikulum dalam hal perumusan desain kurikulum, menjadi amat penting. Karena begitu struktur yang disiapkan tidak mengarah sekaligus menopang pada apa yang ingin dicapai dalam kurikulum, maka bisa dipastikan implementasinya pun akan kedodoran.
iklan4-gbr1
iklan4-tabel1
iklan4-tabel2
Pada titik inilah, maka penyampaian struktur kurikulum dalam uji publik ini menjadi penting. Tabel 1 menunjukkan dasar pemikiran perancangan struktur kurikulum SD, minimal ada sebelas item. Sementara dalam rancangan struktur kurikulum SD ada tiga alternatif yang di mesti kita berikan masukan.

iklan4-tbl2
Di jenjang SMP usulan rancangan struktur kurikulum diperlihatkan pada tabel 2. Bagaimana dengan jenjang SMA/SMK? Bisa diturunkan dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang sudah ditentukan, dan juga perlu diberikan masukan.
Tiga Persiapan untuk Implementasi Kurikulum 2013
ADA pertanyaan yang muncul bernada khawatir, dalam uji publik kurikulum 2013? Persiapan apa yang dilakukan Kemdikbud untuk kurikulum 2013? Apakah sedemikian mendesaknya, sehingga tahun pelajaran 2013 mendatang, kurikulum itu sudah harus diterapkan. Menjawab kekhawatiran itu, sedikitnya ada tiga persiapan yang sudah masuk agenda Kementerian untuk implementasi kurikulum 2013. Pertama, berkait dengan buku pegangan dan buku murid. Ini penting, jika kurikulum mengalami perbaikan, sementara bukunya tetap, maka bisa jadi kurikulum hanya sebagai “macan kertas”.
Pemerintah bertekad untuk menyiapkan buku induk untuk pegangan guru dan murid, yang tentu saja dua buku itu berbeda konten satu dengan lainnya.
Kedua, pelatihan guru. Karena implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap, maka pelatihan kepada guru pun dilakukan bertahap. Jika implementasi dimulai untuk kelas satu, empat di jenjang SD dan kelas tujuh, di SMP, serta kelas sepuluh di SMA/SMK, tentu guru yang diikutkan dalam pelatihan pun, berkisar antara 400 sampai 500 ribuan.
Ketiga, tata kelola. Kementerian sudah pula mnemikirkan terhadap tata kelola di tingkat satuan pendidikan. Karena tata kelola dengan kurikulum 2013 pun akan berubah. Sebagai misal, administrasi buku raport. Tentu karena empat standar dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan, maka buku raport pun harus berubah.
Intinya jangan sekali-kali persoalan implementasi kurikulum dihadapkan pada stigma persoalan yang kemungkinan akan menjerat kita untuk tidak mau melakukan perubahan. Padahal kita sepakat, perubahan itu sesuatu yang niscaya harus dihadapi mana kala kita ingin terus maju dan berkembang. Bukankah melalui perubahan kurikulum ini sesungguhnya kita ingin membeli masa depan anak didik kita dengan harga sekarang.




Sumber : http://www.kemdiknas.go.id

Pengertian Komputer, Apa Itu Komputer?


Pengertian Komputer – Pembahasan kali ini mengenai Pengertian Komputer dilihat dari beberapa aspek. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Pengertian komputer, komputer klasik
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
  • Menerima input
  • Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
  • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkanoutput informasi.
Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
  • Alat elektronik
  • Dapat menerima input data
  • Dapat mengolah data
  • Dapat memberikan informasi
  • Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  • Bekerja secara otomatis
Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.

Beberapa Cara Belajar Cepat Melalui Internet


Saat ini dunia pendidikan sangat dimudahkan dengan adanya fasilitas yang dinamakan internet. Dengan internet kita bisa menjelajahi dunia ini untuk mencari berbagai macam informasi yang kita butuhkan untuk menunjang aktivitas pendidikan kita baik itu di sekolah atau di kampus. Banyak situs di internet yang memberikan informasi secara cuma-cuma mulai bidang kedokteran, biologi, komputer, kimia, fisika, elektro dan semua ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini. Situs-situs yang tersebar di internet itu bagaikan suatu hutan belantara informasi yang sangat menantang untuk dijelajahi.
Para siswa atau mahasiswa (bahkan para pengajar atau dosen) sudah seharusnya memanfaatkan internet ini sebagai media untuk mencari informasi untuk mendukung proses belajar atau mengajarnya. Belajar dari internet sungguh saat menyenangkan, sebagai contoh anak-anak bisa belajar kimia dari situs http://www.chem4kids.comdengan penjelasan yang sangat mudah dan menarik. Itu hanya sebuah contoh kecil yang membuat penulis terkagum-kagum dengan efek dari internet. Seandainya saja internet sudah seperti ini pada saat penulis masih SMA mungkin kita tidak akan kesulitan untuk mencari jawaban soal-soal matematika atau fisika di internet.
Melalui tulisan kali ini penulis ingin berbagi pengalaman mengenai cara-cara cepat untuk belajar sesuatu bidang atau ilmu pengetahuan yang sifatnya baru dari internet. Misal sebagai contoh Anda hendak mempelajari mengenai database SQL Server. Sebenarnya Anda bisa saja cari berbagai macam artikel mengenai SQL Server atau men-download electronic book (e-book) mengenai SQL Server. Tapi apa Anda sempat untuk membaca semuanya? Ada beberapa cara agar kita bisa belajar dengan cepat untuk mempelajari suatu ilmu baru di internet. Simak saja beberapa pengalaman berikut ini.
Belajar dari FAQ (Frequently Asked Questions)
Melalui suatu FAQ kita bisa belajar dengan cepat karena dalam FAQ terdapat sari pati dasar dari suatu ilmu. Seperti pada contoh di atas, untuk belajar SQL Server maka kita bisa cari di internet dengan kata kunci SQL Server FAQ dan lihat hasilnya. Klik salah satu URL hasil pencarian yang kira-kira paling relevan dan belajarlah dari FAQ tersebut. Pertanyaan dan jawaban yang ada pada FAQ biasanya mulai dari yang paling dasar sampai agak sulit. Adalah sangat menarik membaca FAQ ini karena sifatnya sudah terstruktur dan mudah untuk dimengerti. Berikut ini adalah gambar contoh dari suatu FAQ.
Belajar dari Google Answer
Saat ini Google mempunyai suatu fasilitas menarik yang bernama Google Answer dengan alamat di http://answer.google.com/. Anda bisa mencari berbagai macam jawaban untuk masalah yang ingin Anda pelajari. Yang membuat menarik adalah kita bisa membaca pertanyaan orang lain plus beserta jawaban yang benar dan akurat oleh pakar-pakarnya. Berikut ini adalah contoh gambar dari Google Answer.
Belajar dari Experts Exchange
Experts Exchange yang beralamat di http://www.experts-exchange.com merupakan salah satu situs terbesar yang menawarkan jasa solusi atas permasalahan di bidang IT yang Anda hadapi. Pada situs ini terdapat berbagai macam problem dan solusinya yang bisa Anda cari baik melalui fasilitas search-nya maupun berdasarkan kategori yang tersedia disana. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh ahlinya dan hasilnya bisa kita lihat di situs mereka. Melalui ini Anda bisa belajar dengan lebih cepat berdasarkan dari pertanyaan orang lain. Berikut ini adalah contoh gambar dari Experts Exchange.
Belajar dari dokumen Power Point
Kenapa belajar dari dokumen Power Point? Maksudnya adalah karena dokumen Power Point itu biasanya berisi pokok-pokok pikiran mengenai suatu ilmu atau suatu topik tertentu mulai dari dasar sampai pengembangannya. Sebagai contoh Anda bisa mencari dokumen Power Point mengenai SQL Server. Caranya mudah, Anda tinggal buka Google dan ketik SQL Server filetype:ppt. Setelah itu akan muncul banyak sekali dokumen yang khusus membicarakan mengenai SQL Server. Anda bisa download dokumen tersebut dan silakan dibuka. Penulis jamin akan sangat menyenangkan sekali belajar dari presentasi yang dibuat oleh orang lain. Berikut ini adalah contoh dari hasil pencarian dokumen Power Point pada Google.
Belajar dari Orkut (social networking)
Orkut adalah salah satu bentuk social networking yang dibuat oleh Google. Alamatnya ada di http://www.orkut.com. Bentuknya mirip seperti Friendster (www.friendster.com) yang mungkin lebih Anda kenal. Keistimewaan dari Orkut ini adalah adanya komunitas yang lebih serius mengenai sesuatu hal. Orang-orang yang tergabung di Orkut bisa membuat suatu komunitas tertentu, misalnya saja komunitas mengenai SQL Server. Anda bisa mendaftarkan diri pada komunitas SQL Server pada Orkut ini. Pada komunitas ini Anda bisa belajar dari pertanyaan dan jawaban dari para anggota komunitas. Dari pengalaman penulis banyak sekali pertanyaan dan jawaban yang sangat berkualitas pada komunitas-komunitas yang ada pada Orkut ini. Tentu saja sebelumnya Anda harus menjadi anggota dari Orkut terlebih dahulu. Keanggotaan Orkut ini sedikit lebih unik karena kita tidak bisa mendaftarkan diri melalui web tetapi sistem keanggotaannya harus melalui prosedur undangan (invitation) dari pengguna yang sudah tergabung di dalam Orkut. Berikut ini adalah contoh dari komunitas di dalam Orkut.

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar yang Efektif

Suatu kegiatan yang diulang-ulang secara terus menerus justru akan membuat jenuh dan bosan termasuk belajar.  Apalagi kalau sudah aktif belajar tiap hari akan tetapi prestasi yang ada tidak membanggakan tentu akan membuat semangat belajar menjadi menurun dan menurun.  Ah malas belajar, tiap hari belajar tapi pelajaran tidak pernah bisa menempel di kepala.  Jadinya kepala malah pusing dan terasa banyak beban terutama belajar.  Apalagi kalau yang memerintah adalah orangtua.  Mau menolak belajar takut nanti dikira anak durhaka.  Itulah kira-kira sebagian masalah yang menimpa para remaja kita.

Untuk menciptakan semangat belajar dan kemauan dibutuhkan daya kreatif tinggi agar semangat belajar tersebut tetap membakar di dalam diri.  Semangat belajar akan mengendur secara perlahan bisa disebabkan beberapa hal diantaranya yang paling mematikan adalah rasa nyaman.  Rasa nyaman tersebut bukan tempatnya yang nyaman, namun terpenuhinya segala fasilitas dan kebutuhan.  Buat apa capek-capek dan repot-repot kalau semua terpenuhi, mendingan buat bersenang-senang.  Kalau soal nilai pelajaran itu bisa menjadi urusan belakangan.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat suasana dan semangat belajar menjadi efektif.  Belajar yang efektif adalah belajar yang bisa menghasilkan nilai di bangku sekolah dan memberikan positif di dalam diri.  Lalu bagaimanakah cara yang efektif untuk membuat hasil belajar kita bisa optimal?  Caranya yaitu

1.  Menggunakan metode belajar secara kelompok

Belajar kelompok bersama teman adalah salah satu metode belajar yang efektif.  Apalagi kalau belajarnya bersama teman yang tergolong pandai, sehingga kita bisa bertanya apabila ada soal yang sulit.  Belajar kelompok bisa menciptakan suasana baru sehingga akan membuat kita tetap semangat belajar.

2.  Membuat ringkasan atau resume pelajaran

Salah satu cara agar pelajaran yang diberikan guru cepat menempel di dalam ingatan kita adalah dengan membuat ringkasan-ringkasan sederhana layaknya seorang wartawan.  Buat catatan-catatan kecil yang bisa dilipat dan dibawa ke dalam kantong dan bisa dibawa kemana-mana.  Ketika ada waktu kosong (bengong) maka kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan melihat hasil catatan kita.  Walaupun sekilas hal ini akan membantu otak kita untuk mengingat pelajaran.

3.  Istiqomah dalam belajar

Untuk mendapatkan hasil belajar yang efektif cara yang selanjutnya yang harus kita praktekkan adalah dengan rutin belajar.  Luangkanlah waktu dalam sehari, bisa 1-2 jam untuk belajar.  Bukan dengan belajar lama namun hanya satu kali waktu.  Waktu yang kita luangkan bisa pagi, siang, sore atau malam.  Yang penting menyempatkan waktu dalam sehari.  Belajar dengan dadakan bukanlah metode belajar yang efektif.

4.  Bertanya bila tidak tahu dan belum paham

Malu bertanya sesat di jalan. Ya begitulah kira-kira.  Hal yang kadang membuat orang enggan bertanya karena takut karena tidak biasa bertanya apalagi kalau banyak yang memperhatikan.  Biar tidak takut untuk bertanya kepada guru, solusi yang baik adalah memberanikan diri dan membiasakan bertanya apabila tidak paham.  Lama-lama nanti akan terbiasa.  Coba paksakan diri untuk bertanya biar pelajaran paham betul.

5.  Menghindari cara curang

Banyak cara curang yang bisa kita pakai dalam proses belajar, baik itu ketika sedang mengerjakan ulangan.  Bisa dengan membawa contekkan ataupun mengintip jawaban punya teman/tetangga sebelah.  Cara curang seperti ini bukanlah cara yang mendidik untuk diri kita.  Cara ini malah akan membuat enggan dan malas untuk belajar.  Dan yang perlu diingat bahwa Allah Ta'ala akan senantiasa mencatat segala amal perbuatan kita termasuk cara curang yang kita pakai.

Beberapa cara diatas adalah cara sederhana yang bisa kita terapkan untuk menambah semangat belajar yang efektif.  Belajar bukanlah ketika masih duduk dibangku sekolah namun semangat belajar akan tetap dan terus ada hingga ajal menjemput.  Semangat Untuk tetap Belajar!